Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

"Jadikan hidup yang sementara ini seindah-indahnya :)"

Rabu, 09 Februari 2011

Fixie Bike



Sepeda, ya sebuah kendaraan legendaris dan abadi menurutku, hehe..!!
kehadiran sepeda banyak memberi perubahan pada bidang transportasi roda dua, Ok saya ga akan berbicara tentang sejarah sepeda secara keseluruhan, tapi saya akan berbicara tentang jenis sepeda yang banyak di gandrungi anak muda saat ini (termasuk saya :P), yaitu sepeda Fixie atau Fixed gear, saat ini Fixie tidak hanya digunakan untuk berkendara saja, akan tetapi lebih ke modisnya, ada yang mengatakan fixie seperti ini "The Art Of Minimalism" ya dengan warna dan coraknya yang beragam fixie berhasil menarik hati para pecinta style, tapi kurang tepat rasanya jika kita memakai fixie tanpa tahu asal muasalnya, yup berikut ini adalah sejarah fixie pada awalnya Sepeda fixie adalah sepeda yang digunakan kaum pengantar pos/koran/majalah, yang biasa dikenal dengan kurir di wilayah kelahiran saya di Amerika sana, persisnya di New York.
Mereka mengalami masalah lead time pada saat mendeliver paket mereka karena kondisi kota New York yang begitu padat.
Makanya mereka memilih sepeda sebagai altrernative, dan hasilnya memuaskan dengan lead time delivery berkurang dan pengiriman yang jauh lebih cepat.

Fixie Bike, yang menggunakan Fixed Gear, akan membuat ayunan pedal terus berputar seiring dengan perputaran roda belakang, sehingga untuk melakukan pengereman, maka si pengendara harus mengurangi putaran pedal dengan cara gaya melawan arah putaran pedal..
Hal ini sangat berbahaya untuk orang yang tidak terbiasa, karena pada saat melewati jalan menurun, maupun berbelok, pedal akan terus berputar dan laju sepeda akan terus melaju dengan kencang.
akan tetapi anda juga dapat menambahkan rem depan, mungkin anda bertanya-tanya kenapa yang dipasangi rem hanya wheel bagian depannya saja?, oke jadi begini penjelasannya menurut para ahli karena rem depan lebih akurat dan cepat untuk memperlambat laju sepeda, selain pada saat kita melakukan rem depan, otomatis berat tubuh akan terdorong ke depan sesuai dengan hukum alam kelebaman. Jadi titik tumpu akan condong ke arah depan, sehingga lebih efektif meredam gaya yang ke arah depan.

^^
brikut ini adalah video profil yang keren abis dari Fixie by Babiturik™


1 komentar: